Rabu, 25 Januari 2012

Konsep IMK

   Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user
interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface
(MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan
perancang sistem.
  Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari
antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam
pemasaran produknya.
  Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan
tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
  Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai
fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka
secara fisik.Definisi IMK
  Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan     dimana melaluinya
pengguna memanfaatkan   dan berinteraksi dengan komputer
  Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada    aspek desain, evaluasi,
dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan
manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar
manusia itu sendiri
  Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif
untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di
sekitarnya.
  HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan
penggunanya seramah mungkin.Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
      h = subsistem manusia
  m = subsistem mesin
   e = subsistem lingkungan
    i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
    t = waktu, lamanya interaksi terjadiAplikasi IMK
  Perkantoran
  Kendali proses
  Penerbangan
  Komunikasi
  Desain pekerjaan
  Pelatihan/seleksi
  dll
Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
HCI
Computational
linguistics
Artificial
intelligence
Cognitive
science
Sociology
Ergonomics
Organizational
psychology
Mathematics
Cognitive
psychology
Social
psychology
Software
engineering
Anthropology Human Computer-Interface (HCI)
  Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human
interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
  Tujuan: User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software
atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah
kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program
tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula WYSIWYG (what you see is what you get),
  Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna :
  Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerjaHCI (lanjutan)
  Permasalahan yang muncul:
  Programer tidak dapat memahami secara tepat
penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan
kerja pengguna Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk
mengingat terlalu banyak informasi.
  Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk
toleransi kesalahan
  Para pengguna berbeda dari sebelumnya
  Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
  Para pengguna berbeda dari kita
  Mulai diterapkannya GUI (Graphical User
Interface)Kriteria User Friendly
  Memiliki tampilan yang bagus
  Mudah dioperasikan
  Mudah dipelajari
  Pengguna selalu merasa senang
setiap kali menggunakan software
tersebutPerubahan Teknologi
  Penurunan harga komputer yang sangat dramatis dihasilkan oleh
adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic
dalam bentuk keping silicon (IC).
  Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta
mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan
langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan
kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin
murah.Perubahan Teknologi
  Perubahan teknologi di atas telah membuka kemungkinan
penggunaan komputer yang lebih luas.
  Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari
dunia bisnis dan industri modern.
  Komputer juga ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah
tanggaKebutuhan Perancangan yang Berbeda
  Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan
secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
  Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar
dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu
dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai
dengan kebutuhan pengguna secara spesifik. Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara
berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru
bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi
kebutuhannya
  Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau
motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin
bekerja.Kesalahan Mendasar Programmer
  Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
  Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap
orang
  Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar
muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang
adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
  Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi
komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi
pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
  Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya
menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi
dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel
dataKeterkaitan HCI Dengan Disiplin Ilmu Lain
  Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan
– proses – keluaran (input – process – output).
  Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan
melakukan interaksi  atau berdialog dengan komputer
menggunakan cara-cara tertentu.Disiplin ilmu dalam HCI
  Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
  Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis
perilaku user)
  Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work,
dan organisasi)
  Industrial design (produk interaktif)
  Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
  Teknik Mesin ( robotika)Hal penting dalam HCI
  Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
  Bagaimana menyajikan kepada user
  Bagaimana membangun sebuah system
  Bagaimana untuk menguji sebuah designPendekatan HCI
  Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa
pemograman, dan bagaimana membangun environment yang
relevan)
  Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design
disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human
performance are relevantAspek – aspek dalam HCI
  Use and context of computers ( U)
  Human characteristic (H)
  Computer system and interface architectur (C)
  Development proses ( D)Aspek – aspek dalam HCIUse and context of computers
( U)Social organization and work
  Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial
dalam konteks kerja
  Contoh ; untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerjaApplication Areas
  Characteristic dalam area aplikasi
  Wilayah aplikasi tersebut digunakan
( individual atau group)
  Document oriented interfaces
  Comunication oriented interfaces
  Design environment
  Online tutorial system and help system
  Multimedia information kiosks
  Continues control system
  Embedded system Human-Machine Fit and Adaptation
  Kesesuaian antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa
dilihat dari;
  Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan )
  Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah
  Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnyaHuman Characteristics (H)
Karakteristik pemroses informasi oleh manusia,
bagaimana struktur prilaku manusia, pola alamiah
dan prasyarat phisik dan fisiologisHuman Information Processing  karakteristik manusia sebagai pemores informasi.
  Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:
  Model – model arsitektur kognitif
  Teori  tentang memori, persepsi, kemampuan motorik,
motivasi, dllLanguage, Communication and
Interaction
  Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan
manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari:
  Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena –
fenomena dan bahasa Ergonomics
  Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis
dan kaitannya dengan kenyamanan kerja
  Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
  Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan
kerja.
  Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusiaComputer System and Interface
Architecture
(C) Input and Output Devices
  Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai
media interaksi manusia dan komputerDialogue Techniques
  Arsitektur  software dasar dan teknik – teknik dalam
berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output
dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam
dialogDialogue Genre
  Gaya / metode  yang digunakan, antara lain:
  Penggunaan metafora
  Metode – metode  yang relevan  dengan media lain misal : film,
grafis.
  Aspek estetikaComputer Graphics
   Konsep – konsep  dasar dari tampilan komputer
  Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi
  Transformasi linear
  Tampilan warnaDialogue Architecture
  Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka
dengan user
  Model- model referensi dialog pada sistem  ( dialogue system
reference models )
  Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
  Windows manager models
  Multi user interface architectureDevelopment Process (D) Design Approaches
  Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin
ilmu yang lain, antara lain:
  Ilmu tentang desain grafis
  Proses pengembangan system
  Teknik analisa kerja
  Desain industrialImplementation Techniques and Tools
   Cara- cara dan peralatan implementasi
  Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi
  Independensi dan reusability, independensi aplikasi,
independensi peralatan.
  Teknik prototype
  Peralatan dialogue
  Method berorientasi objek
  Representasi data dan algoritmaEvaluation Techniques
  Metode -  metode spesifik untuk evaluas Productivitas
  Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dllAntarmuka TeleponAntarmuka pada HPAntarmuka Kamera Digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar